Konsultasi Perpajakan

Kami dengan senang hati membantu Anda mengatasi permasalahan perpajakan Anda dengan konsultasi yang intensif More »

Tax Review

Kesulitan dalam membuat Surat Pemberitahuan Pajak yang benar ? Hubungi kami, dan akan kami bantu Anda menyusun Surat Pemberitahuan Pajak yang benar. More »

e-Tax

Bayar Pajak secara online. Jangan buang-buang waktu staff Anda yang berharga dengan antrian di Bank Persepsi atau Kantor Pos hanya untuk melakukan pembayaran Pajak. More »

e-Filing

Laporkan Surat Pemberitahuan Pajak Anda Dengan e-Filing dan hindari pemborosan waktu dengan antrian panjang atau transportasi ke Kantor Pelayanan Pajak. Tinggal Klik dan Surat Pemberitahuan Pajak Anda sudah diterima DJP. More »

Kuasa Hukum Pengadilan Pajak

Kami memiliki ijin untuk bertindak sebagai Kuasa Anda hingga di Pengadilan Pajak sehingga kepentingan Anda bisa terwakili dan terjaga. More »

 

Form SSP berbentuk PDF Isian

download

Beberapa waktu yang lalu saya mencari isian SSP dengan format Excel/Word/PDF yang mudah untuk diedit. Ternyata sulit sekali. Di beberapa situs tersedia beberapa form isian SSP berformat Excel tetapi tidak “user friendly” dan dalam formatting memaksa perubahan format sedikit. Di situs DJP tersedia hanya form dengan format PDF yang tidak bisa di-input secara digital bahkan di-protect sehingga tidak bisa di-edit. Di situs lainnya lagi disediakan format Excel dengan Macro yang canggih yang kita tinggal isi di Sheet data dan otomatis membuat form SSP sesuai keinginan kita. Tetapi saya kurang menyukai form SSP tersebut karena terlalu rumit dalam penggunaannya.

Kemudian saya mencoba software gratis Krishand SSP versi 4.0.1. Software ini bekerja baik tetapi sayangnya software ini menggunakan macro Access versi lama. Sehingga setiap saya menghidupkan Microsoft Access 2010 saya dan kemudian menjalankan Krishand SSP 4.0.1 selalu timbul error yang tidak dapat saya atasi hingga sekarang kecualidengan melakukan install ulang software Krishand SSP 4.0.1.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat form SSP dalam bentuk PDF yang dapat diisi menggunakan Adobe Reader biasa. File SSP saya ambil dari formulir SSP yang tersedia di situs DJP kemudian saya tambahkan fasilitas form isian. Di bagian atas form saya sediakan tombol Reset Form. Klik tombol itu akan menghapus semua isian yang sudah terinput.

Download Link :

Ziddu

2shared

Semoga bermanfaat dan berguna….

Salam Sukses !

13 Responses to Form SSP berbentuk PDF Isian

  1. noni says:

    Di kolom rupiah memang tidak bisa di tulis misal Rp.100.000,00 tetapi hanya Rp.100000?
    thanks

    • admin says:

      Dear Noni,

      Text box rupiah dirancang untuk format angka dengan thousand separator berupa dot (.). Untuk decimal separator menggunakan tanda koma (,). Text box ini dirancang untuk rupiah penuh, setelah di-input tekan ENTER, maka otomatis akan muncul thousand sepaator tetapi decimal separator akan menghilang.

      Silakan sampaikan saran untuk perbaikan. Kami tidak menjanjikan tetapi bila memang kami pandang baik, akan kami perbaiki.

  2. Johnny says:

    Kok gak bisa diisi ya? Muncul peringatan “The file you have opened complies with the PDF/A standard and have been opened read only to prevent modification”

    • admin says:

      Dear Rekan Johnny,

      Coba buka menu Edit – Preferences, pilih categories : Documents, di bagian PDF/A View Mode : View Documents in PDF/A Mode, pilih Never. Kemudian silakan dicoba lagi.

      Salam

  3. dini says:

    terima kasih untuk membagi form ini,
    tetapi untuk form ssp yang terbaru, kolom untuk validasi bank nya lebih besar lagi.
    kalo form yang dulu sebesar a4, sekarang sebesar f4.
    sukses selalu

    • admin says:

      Terima kasih rekan Dini,
      Tetapi dari dulu hingga sekarang sepanjang ingatan saya, form SSP selalu dalam ukuran A4. Tetapi form SSP yang saya bagikan ini memang sedikit berbeda tetapi tetap bisa digunakan.

  4. ajim says:

    wahh..terimakasi banyak..saya lagi cari cari ini dari kemarin..trimakasih banyak..

  5. ajim says:

    o iya itu jumlah pembayarannya harusnya dibiarin jangan format angka..karena mau nulis NIHIL jd gabisa..trims sebelumnya

  6. edward says:

    terimaksih banyak, sangat memudahkan saya

  7. shanty says:

    Terima kasih untuk pembagian Form SSP nya,
    Saya selalu menggunakan kertas A4, tetapi setelah saya print koq hasil tulisanya kecil yaa, apa bisa dibesarkan.
    Terima kasih.

    • admin says:

      Sayangnya formulir PDF memiliki keterbatasan dalam melakukan editing. Sebenarnya font sudah diatur untuk otomatis menyesuaikan jumlah karater pada setiap text box. Coba diringkas tulisannya untuk memperbesar ukuran font.

  8. Sewa Rumah says:

    Sbnrnya Anda tidak perlu install Krishand SSP berulang2, cukup klik kanan di shortcutnya dan pilih menu Run as Administrator

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.