Konsultasi Perpajakan

Kami dengan senang hati membantu Anda mengatasi permasalahan perpajakan Anda dengan konsultasi yang intensif More »

Tax Review

Kesulitan dalam membuat Surat Pemberitahuan Pajak yang benar ? Hubungi kami, dan akan kami bantu Anda menyusun Surat Pemberitahuan Pajak yang benar. More »

e-Tax

Bayar Pajak secara online. Jangan buang-buang waktu staff Anda yang berharga dengan antrian di Bank Persepsi atau Kantor Pos hanya untuk melakukan pembayaran Pajak. More »

e-Filing

Laporkan Surat Pemberitahuan Pajak Anda Dengan e-Filing dan hindari pemborosan waktu dengan antrian panjang atau transportasi ke Kantor Pelayanan Pajak. Tinggal Klik dan Surat Pemberitahuan Pajak Anda sudah diterima DJP. More »

Kuasa Hukum Pengadilan Pajak

Kami memiliki ijin untuk bertindak sebagai Kuasa Anda hingga di Pengadilan Pajak sehingga kepentingan Anda bisa terwakili dan terjaga. More »

 

Starter Kit NPWP

tax-talk

Mendaftarkan diri untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak bagi yang secara subyektif maupun obyektif sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi Wajib Pajak adalah sesuai amanah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 2 Ayat (1). Tetapi kewajiban dan hak untuk memperoleh NPWP tidak berhenti sampai di situ.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 juga memberikan sejumlah kewajiban bagi para wajib pajak. Namanya juga “wajib” pajak. :)

Masalah timbul ketika orang-orang mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP hanya untuk memenuhi persyaratan tertentu tanpa menyadari kewajiban yang menyertai NPWP tersebut. Misalnya saja :

  • Untuk melakukan perjalanan ke Luar Negeri misalnya umroh.
  • Untuk memperoleh kredit/pinjaman dari perbankan.
  • Untuk melakukan pembelian tanah dan/atau bangunan
  • dan lain sebagainya.

Banyak cara yang berbeda-beda untuk mensosialisasikan kewajiban yang menyertai pemberian NPWP tersebut. Ada sejumlah KPP yang memberikan Surat Pernyataan yang berisi kewajiban-kewajiban seorang Wajib Pajak untuk ditandatangani oleh Wajib Pajak baru. Banyak KPP yang lainnya hanya mengacuhkannya.

Tetapi ada inovasi segar ketika saya mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak baru untuk seorang teman di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Saat itu saya cukup terkesan bahwa bersamaan dengan pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak orang pribadi disertai penyampaian Starter Kit NPWP berupa beberapa brosur dan 1 paket CD interaktif. Sepintas Starter Kit ini mirip Starter Kit bagi peserta program Multi Level Marketing. :)

Starter Kit NPWP

CD interaktif ini berisi tuntunan panduan pemenuhan kewajiban bagi Wajib Pajak berupa film flash player interaktif. Yang disajikan masih pemenuhan kewajiban melakukan pembayaran dan pelaporan terutama SPT Tahunan beserta cara perhitungannya.

Isi CD Starter Kit NPWP

Sayang ketika saya coba untuk mengcopy isi dari CD tersebut diketahui banyak file yang rusak karena kualitas penggandaannya yang kurang baik kualitasnya.

Jadi ayo daftar NPWP sekarang ! :)

Leave a Reply

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.