Konsultasi Perpajakan

Kami dengan senang hati membantu Anda mengatasi permasalahan perpajakan Anda dengan konsultasi yang intensif More »

Tax Review

Kesulitan dalam membuat Surat Pemberitahuan Pajak yang benar ? Hubungi kami, dan akan kami bantu Anda menyusun Surat Pemberitahuan Pajak yang benar. More »

e-Tax

Bayar Pajak secara online. Jangan buang-buang waktu staff Anda yang berharga dengan antrian di Bank Persepsi atau Kantor Pos hanya untuk melakukan pembayaran Pajak. More »

e-Filing

Laporkan Surat Pemberitahuan Pajak Anda Dengan e-Filing dan hindari pemborosan waktu dengan antrian panjang atau transportasi ke Kantor Pelayanan Pajak. Tinggal Klik dan Surat Pemberitahuan Pajak Anda sudah diterima DJP. More »

Kuasa Hukum Pengadilan Pajak

Kami memiliki ijin untuk bertindak sebagai Kuasa Anda hingga di Pengadilan Pajak sehingga kepentingan Anda bisa terwakili dan terjaga. More »

 

Tahun Baru, KLU Baru !

tax-law

Mulai 1 Januari 2013, Direktorat Jenderal Pajak memberlakukan Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) baru. Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) itu sendiri adalah index yang menunjukan jenis-jenis usaha yang digunakan untuk memudahkan pendataan. KLU Pajak 2012 ini ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP – 321/PJ/2012 Tentang Klasifikasi Lapangan Usaha Wajib Pajak dan merupakan perubahan pertama dari Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP – 233/PJ/2012.

Berdasarkan uraian umum mengenai KLU-2012, KLU ini didasarkan kepada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) Badan Pusat Statistik tahun 2009 Cetakan III dengan sejumlah perubahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan administrasi perpajakan dan evaluasi pendapatan negara dari pajak.

Pada Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP – 321/PJ/2012 ini dengan tegas dinyatakan bahwa kode KLU dipergunakan untuk :

  1. Penatausahaan data Wajib Pajak, seperti data Kelompok Kegiatan Ekonomi Wajib Pajak dalam Master File Wajib Pajak dan Kelompok Kegiatan Ekonomi pada Surat Pemberitahuan;
  2. Dasar penyusunan Norma Penghitungan Penghasilan Neto;
  3. Keperluan lainnya.

Dengan adanya penetapan KLU 2012 ini maka kita bisa mengharapkan adanya perubahan Norma Penghitungan Penghasilan Neto terkait dengan KLU 2012 ini.

Selamat Tahun Baru ! :)

Leave a Reply

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.