Konsultasi Perpajakan

Kami dengan senang hati membantu Anda mengatasi permasalahan perpajakan Anda dengan konsultasi yang intensif More »

Tax Review

Kesulitan dalam membuat Surat Pemberitahuan Pajak yang benar ? Hubungi kami, dan akan kami bantu Anda menyusun Surat Pemberitahuan Pajak yang benar. More »

e-Tax

Bayar Pajak secara online. Jangan buang-buang waktu staff Anda yang berharga dengan antrian di Bank Persepsi atau Kantor Pos hanya untuk melakukan pembayaran Pajak. More »

e-Filing

Laporkan Surat Pemberitahuan Pajak Anda Dengan e-Filing dan hindari pemborosan waktu dengan antrian panjang atau transportasi ke Kantor Pelayanan Pajak. Tinggal Klik dan Surat Pemberitahuan Pajak Anda sudah diterima DJP. More »

Kuasa Hukum Pengadilan Pajak

Kami memiliki ijin untuk bertindak sebagai Kuasa Anda hingga di Pengadilan Pajak sehingga kepentingan Anda bisa terwakili dan terjaga. More »

 

Update e-SPT PPN Versi 1.5

download

Tidak lama setelah diluncurkan, bagian aplikasi DJP menginformasikan bahwa ada sejumlah ‘bug’ di patch update e-SPT PPN 1111 v.1.4. Sedangkan fitur yang ditambahkan pada e-SPT PPN 1111 versi 1.4 adalah nomor faktur pengganti bisa menggunakan nomor yang sama dan ada pengaturan untuk jatah faktur yang diperoleh dari KPP sehingga bila penginputan faktur pajak diluar jatah nomor Faktur Pajak yang sudah/belum diinput, akan ditolak secara otomatis.

Bug muncul saat SPT:
– Posisi lebih bayar. tidak bisa centang I bagian II huruf H
– Mendapat kompensasi dari bulan sebelumnya. maka nilai di induk menunjukkan nilai 0
– input faktur yang digunggung di form AB dan induk menunjukkan nilai 0

Sedangkan untuk SPT Kurang Bayar dan tidak mendapat kompensasi aplikasi bisa berjalan dengan normal.

Tetapi tampaknya ‘bug’ ini tidak secara konsisten muncul karena pada beberapa pengguna tidak ada masalah seperti yang telah diinformasikan oleh bagian aplikasi DJP di atas. Walaupun begitu, tindakan sudah diambil untuk mengatasi masalah di atas sehingga saat ini sudah diluncurkan lagi eSPT PPN 1111 versi 1.5.

Cara pemakaiannya sama dengan pacth update sebelumnya.

Klik link berikut untuk mendapatkan update e-SPT PPN 1111 versi 1.5.

48 Responses to Update e-SPT PPN Versi 1.5

  1. Edfil says:

    saya sudah instal espt PPN 1111 versi 1.4 patch versi 1.5 tapi waktu mau cetak lampiran A2 tidak bisa malah muncul
    Failed (prepareA2B1B3). Message : Creating an instance of the COM component with CLSID {98385103-11A3-4AB9-A629-91B275085F43} from the IClassFactory failed due to the following error: 80040154. kalau klik OK malah tutup aplikasinya.
    mohon petunjuknya
    terima kasih

    • admin says:

      Dear rekan Edfil,

      Masalah ini timbul karena ada aplikasi yang crash karena instalasi pada OS 64bit. Mungkin rekan Edfil menggunakan Windows 7 atau Windows 8 ?
      Coba reinstall Crystal Reports atau .Net Frameworks-nya. Memang sedikit tricky install e-SPT di tas platform Win Vista, 7 dan 8 yg sudah 64 bit.

      Semoga sukses.

      Salam

    • siti farida says:

      saya mau tanya kenapa saya ridak bisa cetak lembar A2 dan B2 disitu tertulis seperi ini :unhandled exception has occured in your applicarion. could not load or assembly “CrihtalDecisions. Windowa Forms Version=10.5.3700.0, Culture+neutral.
      mohon bantuannya

      Bst regards

      Siti Farida

      • admin says:

        Coba reinstall .Net Frameworks-nya. Ini akibat rekan Siti meng-install di atas OS Win 7 atau Win 8. Memang sedikit tricky install e-SPT di tas platform Win Vista, 7 dan 8 yg sudah 64 bit.

        Salam

  2. B. Ari Kurniawan says:

    Saya sudah install espt ppn versi 1.5 tapi pada selesai input pajak keluaran tiap transaksi untuk disimpan tidak dapat dan keluar tulisan nomor seri pajak tidak sesuai dengan jatah. Saya masukkan nomor seri faktur pajak yang baru. Mohon informasi secepatnya.

    • admin says:

      Rekan Ari,

      Itu berarti rekan Ari belum menginput Jatah Nomor Faktur Pajak yang diberikan oleh KPP atau rekan Ari menginput Nomor Seri Faktur Pajak diluar dari yang diberikan oleh KPP yang sudah rekan Ari input pada menu Tools – Referensi – Jatah Faktur Pajak.
      Coba baca artikel berikut :

      http://hlpconsultant.org/e-spt-ppn-versi-1-4/

      Salam

  3. dwi S says:

    Sy sdh install patch 1.5, mslhnya saya mendapat nomor seri faktur hanya 1 lembar, pada wkt input dari Tool-Referensi-Jatah faktur, muncul koment bhw Nomor seri awal harus lebih rendah dari nomor akhir. bagaimana cr sy hrs input ke referensi dan e-Spt utk pajak keluarannya? Trims

    • admin says:

      Tambah saja 1 nomor lagi saat penginputan jatah nomor Faktur Pajak. Tetapi gunakan hanya 1 nomor FP yang digunakan.
      Ini memang ‘bug’ lagi dari ‘sononya’. :)

  4. duma says:

    Saya sudah install eSPT PPn versi 1.5.
    Di bulan Mei 2013 ada PPn Keluaran yang keselip dan belum saya input k sistem pajaknya. Pada saat saya mau input PPn Keluaran tersebut mengapa perintahnya “Nomor seri diluar jatah”.
    Yang mau saya input kode serinya 010.000-13…….. tanggal 06 Mei 2013, sementara saya baru dapat no seri FP baru tanggal 22 Mei 2013.
    Mohon Petunjuknya.
    Terimakasih.

    • admin says:

      Dear Rekan Duma,

      Memang tidak bisa melakukan input Pajak Keluaran selain dari Jatah Nomor Faktur Pajak yang sudah diterima dari KPP dan sudah diinput dengan cara yang dilihat di sini :

      http://hlpconsultant.org/e-spt-ppn-versi-1-4/

      Alternatif pemecahan :
      1. Masukkan Nomor FP yg terselih tersebut sebagai Jatah Nomor FP sesuai metode di atas dengan nomor surat diisi sembarang, atau :
      2. Gunakan e-SPT 1111 versi 1.3 untuk meng-input FP yang terselip yang dimaksud baru gunakan e-SPT 1111 versi 1.5 untuk melakukan pelaporan.

      Salam

  5. nina says:

    permisi saya mau tanya. di folder DB itu diperikan contoh 3 PT, A,B,C yang bisa diganti sesuka kita. saat dilaptop bisa diganti namanya, tapi saat saya pindah kerjakan di komputer kenapa tidak bisa di rename??? apa karena ada anti virus nortonnya??? gimana ya cara menglihkan / menonaktifkan antivirus norton untuk sementara???

    • admin says:

      Wah rekan Nina salah alamat bila tanya soal Norton di sini …
      Bisa juga karena Norton AV bisa juga karena folder tersebut di-write-protect. Kenapa tidak dicoba folder DB tersebut di-copy ke drive lain ?

  6. andry says:

    adakah perbedaan antara versi lama dengan versi 1.5.?
    kalau ada perbedaan terletak di mana saja.,
    terima kasih

    • admin says:

      Perbedaannya sudah saya jelaskan pada artikel tentang e-SPT PPN 1111 versi 1.4 dan versi 1.5. Silakan dibaca kembali.

  7. siti says:

    saya sudah extrac progam espte 1111 versi 1.5 tapi ketika saya mau koneksi data kanapa timbul error ket failed get access files massage could not find a part of part ,mohon di beri petunjuknya terima kasih

  8. Tian says:

    mas saya sudah pakai E-SPT 1.5 tp kenapa ketika saya mau print lampiran A2 sam B2 selalu error crystal report runtime padahal saya sudah instal CRRedist2008_x64.msi dan saya menggunakan core i3 dengan windows 7 64 bit…
    mohon pencerahan

  9. ARAFAH NUSU says:

    TERIMA KASIH IMFONYA, MASALAH SY SUDAH TERSELESAIKAN MENGENAI FAKTUR PAJAK YANG TIDAK TERTAMPUNG DALAM NOMOR SERI YANG DIBEIKAN OLEH KPP.

  10. denisa says:

    maaf saya mau tanya,,bagaimana jika didalam spt normal yg lampiran b2 trus trnyata itu masuk ke lampiran b3 dan pada saat akan pembetulan tidak bisa dirubah ke b3..bagaimana ya caranya supaya merubah kedalam b3.terima kasih byk.

    • admin says:

      Gunakan menu Input Data – Pajak Masukkan, Pilih FP yang dimaksud kemudian tekan tombol ubah, kemudian ubah Jenis Transaksi dari 2 (Perolehan BKP/JLP Dalam Negeri) menjadi 3 (Pajak Masukkan yang tidak dapat dikreditkan). Terus klik simpan.
      Jangan lupa lakukan posting.

  11. saya kn baru pertama kali instal, saya instalnya 1.4, berhasil tp mo NPWP yg saya masukan salah terus ya..??? al hasil saya ga bisa bikin laporan dr skr.. :(

  12. titis adhi sarwanto says:

    aplikasi e-spt ppn saya pada lampiran B2 nya kalo di print terpotong pada kolom paling kanan.
    knp ya?

    • Budi says:

      Setting printer di e-SPT kadang-kadang bisa sangat tricky. Coba konsultasikan dengan teman-teman yang menguasai setting printer. Alternatif lain, export Lampiran B2 tersebut ke dalam format pdf untuk kemudian diprint dari aplikasi Adobe Reader.

  13. Muhammad Noor Ikhwan says:

    Selamat siang Pak ,
    Saya mohon pencerahannya pak ,skrang saya menggunakan e-spt versi 5 tapi kenapa pada posisi lebih bayar saya tidak bisa centang 1 dan II H.
    Mohon solusi ny pak

    • Budi says:

      Coba isian formulir AB diinput ulang dan divalidasi ulang dengan menekan Enter dan Tekan tombol Simpan.
      Lakukan hal yg sama pada formulir Induk SPT 1111
      Maaf lambat merespon karena kesibukan…

      Salam

  14. laura says:

    Apa Ini compatible utk OS macintosh? Soalnya saya pakai macbook pro, gaada windows :(

    • admin says:

      eSPT di-develop oleh DJP untuk dioperasikan di atas OS Windows. :)

      • maria says:

        apakah ada cara lain untuk mendownload dan mengoperasikan espt di macbook pro? karena kebetulan juga sekarang saya beralih ke macintosh. mohon bantuannya

        • admin says:

          Sebenarnya eSPT hanya digunakan untuk lingkungan Windows.
          Tetapi saya rasa bisa dijalankan di Macintosh dengan software virtualmachine. Coba saja alternatif Oracle Virtualbox (free), VMWare atau Paralel. Saya belum pernah menggunakan eSPT dalam Virtual Machine. But it’s nothing to loose to try …

  15. Welcome To e-SPT 5.1
    ini pertama saya diizinkan oleh direktur untuk mencoba mengerjakan laporan pajak, semoga berjalan dengan baik.

    Min nanti kalau saya membutuhkan pencerahan help me Ok.
    #salam 2 Jari

  16. Isug says:

    Selamat Pagi Pak,
    Maaf saya mau tanya, kenapa di espt PPN ver 1.4 saya tidak bisa update ke ver 1.5, sudah saya extract berkali kali tapi tetep tidak berhasil. Mohon sarannya. terimakasih

  17. Har taurus says:

    Kepana ketika saya ingin masuk didatabase aplikasi e SPT muncul 2 pilihan dan setelah saya pilih tanda silang dan memasukan user name passwordnya data perusahaan yang sudah diinput tidak ada didata induk

    • Budi says:

      Aplikasi e-SPT PPN secara default menunjukkan database yang terdapat pada folder C:\Program Files (x86)\DJP\e-SPT PPN 1111\db.
      Bila database yang digunakan oleh rekan Har taurus diletakkan di folder/drive lain gunakan tombol “Browse DB” untuk membuka database eSPT PPN yang dimaksud.
      Semoga bermanfaat.

      Salam

  18. win says:

    selamat siang
    saya mau tanya mengapa ketika melakukan pembetulan kesatu pada aplikasi e-spt ppn versi 1.5 tidak dapat diedit pajak keluarannya?
    mohon solusinya.

    thanks

    • Budi says:

      Mungkinkah karena sdh ada SPT Pembetulan sehingga SPT tsb tdk bisa dilaporkan ?

    • denny says:

      boss
      kalau saya ada bikin pembetulan 1, 2,3 tetapi kalau saya buka di seting spt ppn 1111 kok pembetulan nya hanya pembetulan 1 saja yang pembetulan 2, 3 nya tidak muncul itu kenapa yah bos

  19. Anitha says:

    pagi, saya ada pertanyaan. jika saya mau copy database (database yg sudah di update dr komputer lain) dari Flashdisc ke komputer saya, ketika saya open yg muncul ada database sebelum di update.
    sedangkan jika saya open database dari flashdisc langsung, databasenya dapat di open sesuai dengan updatenya..

    jadi, kenapa ya database yg saya copy ke komputer saya tidak bisa dibaca sesuai dengan updatenya??

    mohon pencerahannya ya.

    thankyou,
    Tata

    • Budi says:

      Rekan Anitha pasti men-copy ke path yang salah di komputer rekan Anitha.
      Perhatikan bahwa pada Windows 64bit memiliki struktur path yang berbeda pada folder Documents.
      Saran saya jangan gunakan database pada folder Documents tetapi gunakan path pada local disk D agar tidak salah.

  20. wily kurniady says:

    selamat malam.. saya mau membeli unit laptop baru.. sebaikanya spesifikasi apa yang minimalnya ya?
    karena kata tukang komputer kudu minimal core i3 dan windows 8 ya? atau bagaimana yang bestnya?
    terima kasih

    • Budi says:

      Untuk keperluan eFaktur? Bisa menggunakan platform Windows 32bit/64bit, Linux 32bit/64bit atau Mac 64bit.
      Semakin tinggi RAM akan semakin baik tetapi sy menggunakan 2GB RAM sdh memadai.

  21. Selamat Siang Pak BUDI…
    Saya mau nanyak ni Kenapa pada Saat saya mau Cetak SPT keluar kayak gini DB Command Failed (get Formulir). Message : Cannot Open Any More Tables

  22. Rico says:

    bagamana caranya mengubah Kode Akun Pajak Pada Aplikasi karena akunnya yang akan di masukan sesuai ssp adalah 411219

    • admin says:

      Kode Akun Pajak tidak bisa diubah. Kode Akun Pajak pada SSP rekan Rico yang salah dan hrs diajukan pemindahbukuan…

Leave a Reply

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.